Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Energi Hijau Energi Alternatif ( Rifqi Akmal Fauzan )

           Energi merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Energi selalu dibutuhkan manusia untuk mendukup aktifitasnya. Tidak bisa dipungkiri, bahwa manusia tidak akan mampu untuk menghindarkan diri dari kebutuhan energi. Ironisnya, kesadaran akan kelestarian energi sangat rendah. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi, dan informasi, kebutuhan energi telah membuat manusi membabibuta dalam mengendalikan penggunaannya. Hal itu diperparah lagi dengan tingkat kebutuhan manusia yang membutuhkan suplai energi besar. Gerak perkembangan jaman tersebut telah menyeret manusia untuk larut dalam kesibukan bekerja. Sehingga perhatian dan kepedulian mengenai perlunya pelestarian energi semakin tipis.


Lantas pertanyaan yang sangat kritis pun mengemuka, “mungkinkah kita melakukan pelestarian energi?” Pelestarian energi hanya mungkin dilakukan dengan membudidayakan energi atau dengan sebuah bahasa yang kini berkembang adalah energy-farming. Membudidayakan energi hanya mungkin dilakukan bilamana kita mampu menciptakan sumber energi selain melakukan exploitasi terhadap sumber daya alam. Pentingnya sajian informasi mengenai sumber energi alternati bagi kehidupan manusia mungkin secara perlahan akan mengubah kesadaran masyarakat untuk tidak selalu bergantung pada sumber-sumber energi terbatas dan tidak terbaharukan.

Karena itulah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai sumber energi alternatif bagi kehidupan manusia. Membudidayakan energi berarti melakukan suatu bentuk kegiatan atau proses untuk menciptakan energi atau sumber energi dan bukan berorientasi untuk melakukan ekploitasi sumber energi yang jumlahnya terbatas. Berpikir mengenai engergy-farming berarti berpikir tentang sebuah alat yang mampu untuk mengumpulkan, menghasilkan dan menyimpan energi dan alat tersebut merupakan alat yang bisa diperbaharui atau dilestarikan.

Dengan kata lain, berpikir untuk mengumpulkan, menghasilkan, dan menyimpan energi maka arah dan tujuan kita akan tertuju pada salah satu sumber energi yang jumlahnya tak terbatas, yaitu matahari. Tumbuhan hijau mungkin merupakan satu-satunya media yang sangat tepat untuk mengumpulkan, menghasilkan, dan menyimpan energi matahari tersebut, karena tumbuhan hijau mampu mengolah bahan makanan dalam tubuhnya menjadi nutrisi dengan energi matahari. Tumbuhan mengambil bahan mentah berupa air dari tanah dan karbon dioksida dari atmosfer, lalu mengubahnya menjadi oksigen dan gula menggunakan energi sinar matahari untuk memberi tenaga pada proses tersebut. Seluruh bagian dari tumbuh tanaman, baik batang, daun, buah, maupun akar menyimpan energi dalam bentuk energi kimia. Energi tersebut dilepas ketika tanaman dibakar, mati, membusuk, atau dimakan oleh hewan.

Dengan demikian, energi hijau menjadi salah satu sumber energi alternatif yang bisa dilestarikan sehingga kebutuhan energi manusia bisa tercukupi tanpa harus melakukan eksploitasi sumber energi yang jumlahnya terbatas. Dengan orientasi pelestarian energi ini diharapkan generasi penerus kita pada masa mendatang tidak akan berada pada satu titik yang banyak dikatakan sebagi krisis energi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar