Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manfaat Singkong Bisa Jadi Bahan Bakar ( Fitri Suciaty )


Manfaat Singkong Bisa Jadi Bahan Bakar

Singkong sebagai bahan bakar

Bioetanol Singkong, Menguntungkan dan Ramah Lingkungan
Singkong bisa di buat sebagai bahan bakar Meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak di seluruh kalangan masyarakat dan dunia, tidak hanya menimbulkan permasalahan dan sengketa , namun di balik semua itu juga memberikan peluang bisnis baru bagi para produsen energi alternative misalnya energy alternative dari singkong.

Apakah anda sudah pernah dengar jika singkong bisa di manfaatkan jadi bioetanol?
Beragam penelitian tentang singkong kini mulai dikembangkan untuk mendapatkan sumber energi pengganti bahan bakar minyak di mana singkong yang harganya relatif lebih murah dan pastinya ramah bagi lingkungan sekitar. Sebut saja bioetanol singkong yang kini mulai dikembangkan diberbagai belahan dunia sebagai pengganti bahan bakar minyak.
kini Bioetanol singkong dipilih sebagai energi alternatif yang cukup potensial karena pada dasarnya tumbuhan singkong (ketela pohon) memiliki kandungan pati, gula atau selulosa yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembuatan bahan bakar alternatif. Melimpahnya bahan baku singkong yang bisa di tanam di manapun dan mudahnya proses pembuatan bahan bakar tersebut, menjadikan bioetanol singkong sebagai alternatif tepat bagi masyarakat utamanya di daerah penghasil singkong terbanyak. Sehingga tidak heran, ketika harga Bahan bakar minyak  merangkak naik, bioetanol singkong dipilih masyarakat sebagai salah satu energi pengganti yang diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masa-masa yang akan datang.
Singkong sebagai bioetanol
Awalnya bioetanol digunakan untuk bahan baku industri kimia, kosmetik, dan farmasi. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin tinggi, bioetanol mulai diinovasikan menjadi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan untuk menggantikan keberadaan bahan bakar minyak yang sekarang ini semakin mahal.
Target pasar yang dibidik pelaku usaha energi alternatif adalah kalangan masyarakat bawah di daerah pinggiran kota maupun pedesaan.  Harga bahan bakar minyak yang melambung tinggi dan mulai beralihnya bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, menjadikan bahan bakar bioetanol sebagai pilihan tepat masyarakat karena harganya relatif hemat. Bioetanol 98% bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor yang setara dengan pertamax, sedangkan bioetanol 80% dan 96% bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar kompor etanol.dan banyak lagi kegunaan bio etanol yang sangat bermanfaat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar